Cara Agar dapat tidur nyenyak

Assalamualaikum Wr.Wb.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memposting mengenai "Cara Agar dapat tidur nyenyak". Mengapa saya memposting hal ini, karena walaupun sepele tapi tetap sangat penting. Banyak orang yang tidak menikmati tidurnya karena kerja. Banyak juga yang tidak tidur karena mencari kesenangan atau karena hal-hal yang lain seperti, bermain game online, mengerjakan tugas sekolah/kuliah, download film, dan lain-lain.
Selain orang yang sengaja tidak tidur, banyak juga orang yang bermasalah dengan tidurnya. Padahal, tidur merupakan sesuatu yang sangat kita butuhkan. Dengan tidur nyenyak setidaknya 8 jam setiap hari, maka kebutuhan hemoglobin di dalam tubuh kita akan tercukupi.
Hemoglobin itu sendiri merupakan metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah di dalam tubuh kita. Hemoglobin itu sendiri berfungsi utuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh kita.
Kembali ke masalah utama yaitu Cara Agar dapat tidur nyenyak, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar kita dapat tidur nyenyak. Dengan tidur nyenyak minimal 8 jam per hari, maka pada saat bangun nanti, tubuh kita akan merasa segar. Cara-cara agar dapat tidur nyenyak dapat anda amati atau lihat dibawah ini.
Tips agar dapat tidur dengan nyenyak yaitu sebagai berikut.
1. Berolahraga
Dimana-mana para ahli kesehatan pasti menganjurkan kita untuk berolahraga, karena olahraga memang menyehatkan. Bukan hanya para ahli kesehatan yang menganjurkan kita agat berolahraga, tapi orang tua, kakak, nenek kakek kita semua juga menganjurkan kita untuk terus berolahraga.
Dengar berolahraga, maka tidur kita yang biasanya tidak nyenyak maka akan menjadi tidur berkualitas (nyenyak)
2. Menjadwal waktu tidur
Dengan menjadwal waktu tidur anda, maka akan membantu metabolisme di dalam tubuh kita. berbeda halnya dengan orang yang biasanya hari pertama tidur jam 9, hari kedua jam 10, hari ketiga jam 11 dan seterusnya, walaupun tidur anda nyenyak, anda tetap tidak akan bangun dengan segar di pagi hari.
3. Kenali kebiasaan anda
Jika hanya akan bisa tertidur setelah membaca buku, maka setelah menjadwal waktu tidur anda ushakan untuk menyelesaikan bacaan anda maksimal 20 menit sebelum tidur. Agar badan dan pikiran anda bisa segar sebelum dan sesudah tidur nanti.
4. Jangan mengomsumsi makanan berat sebelum tidur
Biasanya orang-orang yang begadang akan merasa lapar saat tengah malam. Hal yang seperti ini yang harus kita hindari. Karena perut yang penuh akan membuat kita kesulitan untuk tertidur. Tapi jika anda hanya mengonsumsi makan ringan seperti snack dan makan lainnya yang serupa saya rasa itu tidak apa-apa.
5. Matikan komputer anda
Untuk anda yang penggila komputer seperti saya, maka matikanlah komputer anda terlebih dahulu kemudian tertidur, jangan malah tertidur bersama dengan komputer. Usahakan untuk menyelesaikan masalah anda dengan komputer anda 30 menit sebelum anda tertidur.
6. Padamkan lampu kamar anda
Banyak ahli yang menyarankan agar memadamkan lampu sebelum tidur. Menurut sebuah artikel bahwa, saat kita tertidur dan lampu masih menyala, maka cahanya dari lampu tersebut akan mempengaruhi hormon di dalam tubuh yang akhirnya mempengaruhi proses metabolisme tubuh kita.
7. Gunakan kasur yang nyaman
Dengan munggunakan kasur yang nyaman, maka tidur pun akan nyaman. Didalam fisika hal ini biasa disebutkan "kasur yang nyaman berbanding lurus dengan tidur yang nyaman" (hoax :v).
8. Lingkungan tidur anda
Banyak orang yang menyalakan AC atau kipas dengan suhu yang paling rendah atau dengan putaran yang paling kencang. Bukankah hal ini akan mempengaruhi kualitas tidur anda, dengan melakukan hal diatas, maka saat tertidur anda akan merasa kedinginan yang kemudian akan berpengaruh kepada jumalah waktu tidur anda. Tapi jika anda adalah orang yang memang suka dengan suhu dingin dan merasa lebih nyaman dengan hal tersebut maka tidak mengapa untuk dilakukan.

Ke-8 tips diatas saya rasa sudah cukup agar tidak anda dapat berkualitas. Jika anda merasa psotingan "Cara Agar dapat tidur nyenyak" ini bermanfaat agar setidaknya meng-share di sosial media apa saja, agar orang lain dapat mengetahui apa yang telah anda pelajari :D.
Cukup sekian postingan  saya kali ini mudah-mudahan bermanfaat Assalamualaikum Wr.Wb.

*referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Hemoglobin
http://www.akuinginsukses.com/9-tips-untuk-membuat-tidur-anda-berkualitas-nyenyak/

0 Response to "Cara Agar dapat tidur nyenyak"

Posting Komentar